Welcome To Our Blog
gravatar

Gempa Turki Sudah Tewaskan 272 Orang

TRIBUNNEWS.COM, ISTANBUL — Tim kemanusiaan mencatat hingga kini sudah sebanyak 272 orang tewas akibat gempa 7,2 Skala Richter (SR) yang mengguncang Turki.
Idris Naim Sahin, Menteri Dalam Negeri Turki, mengatakan bahwa 95 orang tewas di kota Van dan 169 di kabupaten Ercis.
Tampak, seperti ditayangkan Al-Jazeera, regu penyelamat bersemangat mencari korban yang masih terperangkap di bawah reruntuhan bangunan di Turki timur.
Tim penyelamat berusaha untuk menjangkau banyak orang yang diyakini masih terperangkap di bawah reruntuhan menyusul gempa bumi di Turki timur yang menewaskan sedikitnya 272 orang dan melukai setidaknya 1.300 orang.
Sementara dicatat bahwa sebanyak 970 bangunan runtuh di dua kota di provinsi Van.
Idris Naim Sahin mengungkapkan pemerintah Turki telah mengerahkan 1.275 tim kemanusiaan dari 38 kota serta 145 ambulans untuk mempercepat bantuan ke para korban.
Sedangkan dari pihak militer dikatakan juga menurunkan sebanyak enam batalyon untuk membantu upaya pencarian dan penyelamatan korban.
Selain itu, enam helikopter, termasuk empat helikopter ambulans, serta pesawat kargo militer C-130 dikirim ke daerah membawa tenda, makanan dan obat-obatan.
Besir Atalay, wakil perdana menteri Turki mengatakan bahwa tim penyelamat telah berhasil menvapai akses ke semua zona yang terkena gempa di Van, termasuk desa-desa terpencil.