Welcome To Our Blog
gravatar

Siswa di Bulukumba Belajar di Kandang Ayam


Bulukumba: Karena ganti rugi lahan sekolah belum dibayarkan, pemilik lahan akhirnya menyegel Sekolah Dasar Negeri 277 Pangi Pangi di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Akibatnya murid-murid terpaksa belajar di kolong rumah yang sebelumnya kandang ayam.
Ruang kelas untuk belajar dipakai sebagai kandang ayam usai proses belajar-mengajar. Itu sebabnya tiap pagi sebelum mulai belajar, murid dan guru membersihkan kelas dari kotoran ayam yang baunya tentu sangat mengganggu. Belajar makin tak nyaman karena murid harus duduk di lantai.
Bagian atas rumah panggung juga dijadikan ruang kelas merangkap ruang guru. Tidak ada fasilitas belajar yang memadai di dalamnya. Apa boleh buat. Kondisi ini sudah berlangsung selama dua tahun terakhir setelah mereka terusir dari gedung sekolah sebelumnya.
Permohonan kepada pemerintah untuk memperbaiki situasi di SDN 277 berulangkali diajukan. Namun pemerintah seolah tuli. Belum ada tanda-tanda murid-murid bisa belajar di ruang kelas yang baik. Bila pemerintah mengklaim selalu menaikkan anggaran pendidikan, lalu siapa yang menikmatinya(JUM)